Senin, 30 Juni 2014

LESSON PLAN "P2 PELATIHAN TEKNIS WASDIT"


SESI I

·        Membaca data + menghitung + menganalisis + membuat kesimpulan tentang DOD
·        Membaca data + menghitung + menganalisis + membuat kesimpulan tentang kolektibilitas
·        Membaca data + menghitung + menganalisis + membuat kesimpulan tentang NPL 

SESI II

·        Prosedur dan standar (standar form dan standar pengetikan surat / laporan) 
·        Melakukan pembaruan data nasabah kredit (alamat yang ditempati sekarang, nomor telepon / HP yang bisa dihubungi, kondisi usaha saat ini, kondisi agunan saat ini (keberadaan agunan R-2 / R-4, masa berlaku pajak kendaraan / blokir, Akta Fiducia, SKMHT / APHT) dan lain-lain yang berkaitan dengan kondisi nasabah)
·        Manajemen berkas kredit
·        Pengetikan, pembaruan, penyimpanan kartu angsuran (termasuk data nasabah)
·        Pemeriksaan oleh atasan atas pengetikan, pembaruan, dan penyimpanan kartu angsuran (termasuk data nasabah)
·        Menghitung pelunasan kredit
·        Memeriksan ulang perhitungan pelunasan kredit
·        Pembuatan surat peringatan kepada nasabah non lancar
·        Penyerahan surat peringatan kepada nasabah non lancar
·        Membuat laporan bulanan atas pemakaian tanda terima sementara oleh AO
·        Membuat daftar tunggakan dan daftar jatuh tempo per bulan per AO
·        Mengetahui macam-macam perikatan

SESI III

·        Prosedur dan standar (standar form dan standar pengetikan surat / laporan) 
·        Pembuatan surat somasi kepada nasabah non lancar
·        Penyerahan surat somasi kepada nasabah non lancar
·        Pembuatan & penandatanganan surat pernyataan janji bayar nasabah non lancar
·        Pembuatan surat penarikan kendaraan bermotor
·        Penggunaan surat penarikan kendaraan bermotor
·        Pendaftaran lelang atas jaminan sertifikat tanah
·        Pemantauan lelang atas jaminan sertifikat tanah
·        Lelang atas jaminan kendaraan bermotor

SESI IV

·        Prosedur dan standar (standar form dan standar pengetikan surat / laporan) 
·        Bertelepon dalam rangka penanganan kredit non lancar (soft skill, hard skill, hard ware)
·        Komunikasi tatap muka dalam rangka penanganan kredit non lancar
·        Mengusulkan kepada atasan tentang keringanan biaya dalam rangka pelunasan kredit
·        Menemukan dan melaporkan indikasi fraud
·        Handling complain

SESI V

·        Pengetahuan tentang Undang-Undang Perlindungan Konsumen
·        Pengetahuan tentang Undang-Undang Perbankan

SESI VI

·        Pengetahuan tentang Prinsip Akuntansi
·        Pengetahuan tentang Undang-Undang Pertanahan

SESI VII

·        Pengetahuan tentang Undang-Undang Fiducia
·        Pengetahuan tentang Hukum Pidana

SESI VIII

·        Pengetahuan tentang Hukum Perdata 
o   Perikatan
o   Waris
o   Waris Islam
·        Contoh kasus dan studi kasus tentang usulan (usulan dari Wasdit kepada atasan) tentang penyempurnaan prosedur dan standar kerja Wasdit

NB :

Warna hitam merupakan penambahan dari wawancara Direksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar